Kendaraan dewasa ini menggunakan berbagai macam bahan untuk jok di dalamnya. Ada yang menggunakan kulit (leather), bahan kain (fabric) dan bahkan dengan bahan kombinasi. Kesemuanya itu adalah untuk menunjukkan kesan yang ingin di peroleh dari kendaraan yang bersangkutan.

Jok kulit membawa kesan elegance. Kesan ini diperkuat dengan adanya kerutan-kerutan pada kursi nya atau pada panel pintu nya, sehingga pemilik kendaraan serasa berada di sofa yang mewah dan nyaman. Nuansa bau nya juga berbeda dengan mobil non-jok kulit. Nuansa bau kulit yang kental membuat kendaraan anda memiliki aroma mewah.


Sedangkan jok dengan bahan kain mengeluarkan kesan sport atau klasik. Dewasa ini muncul produk bernama Alcantara dimana mereka menggunakan bahan kain (fabric) tapi terasa seperti kulit suede. Bahan kain ini digunakan untuk meningkatkan kenyamanan dikala berkendara di cuaca panas tapi tetap meninggalkan kesan mewah yang dimiliki oleh jok kulit.

Dibawah ini saya berikan contoh kombinasi jok Subaru Impreza Sti 08 yang menggunakan alcantara di bagian tengah dan kulit di bagian pinggir. Penggunaan alcantara di bagian tengah adalah untuk memberikan kenyamanan berkendara pada saat adrenalin terpompa. Biasanya denyut jantung pengendara akan meningkat dan keringat akan keluar… nahhh.. bahan alcantara ini akan mengakomodir kebutuhan pengendara akan bahan jok yang berkualitas.

Karena sifat dan bahannya yang amat sangat mirip dengan suede orang banyak yang salah mengartikan menjadi “Alcantara Leather”. Karena Alcantara bukanlah leather (kulit). Sekarang banyak mobil High End yang dilengkapi dengan alcantara sebagai OEM nya. Ada 3 macam penggunaan alcantara antara lain sebagai cover (untuk permukaan jok), panel (dashboard) dan soft sebagai pelapis plafon mobil.

Apabila jok kulit terasa mahal untuk anda, sekarang banyak bermunculan kulit sintetis yang sebenarnya memiliki bahan dasar plastik dan dilapisi dengan kain sebagai penahan busa nya. Dulu kala orang menyebutnya dengan “oskar”. Entah dari mana nama ini muncul dan kemudian muncul MB-Tex dimana kata ini muncul saat Mercedes mengeluarkan bahan jok seperti yang ada pada W123, W124 dan terakhir di W210. MB Tex adalah texture yang dikeluarkan oleh Mercedes pada jok mobilnya pada saat itu.Texture ini kemudian menjadi tren dengan sebutan bahan”oskar” yang identik dengan kulit sintetis. Untuk pemasangan kulit sintetis pada mobil anda dengan jok dua baris, anda memerlukan uang antara Rp 1.7 juta sampai dengan 3.7 juta. Sedangkan jok kulit memiliki kisaran 4.5 juta (standar) hingga 18 juta (nappa leather) hanya untuk jenis sedan dengan kursi 2 baris.

Nah, sekarang kesan apa yang ingin anda munculkan dalam kendaraan anda… apakah kesan sporty, sporty elegance, elegance, atau luxury semua terserah anda. Silahkan hubungi saya untuk berkonsultasi mana yang baik untuk kendaraan anda.

Secara umum, produk berbahan dasar kulit seperti jok kulit, sofa, jaket, tas, sepatu, sabuk, topi, dompet, sandal, dll. harganya cukup mahal dan perlu perawatan ekstra. Dan sebagai pemilik saya percaya Anda sudah tahu itu. Tapi tahukah Anda bahwa apapun bahan kulit yang dimiliki, Anda mutlak perlu memiliki cat kulit guna merawat barang tersebut.

INGIN MENDAPAT SAMPLE CAT KULIT GRATIS...? Klik di sini untuk mendapatkan produk CAT KULIT terbaik di Indonesia

Cat Kulit Hi-Paint adalah solusi terbaik dan termurah untuk merekondisi jok mobil, sofa, jaket, tas, sepatu, serta semua barang yang berbahan dasar kulit.

Hasil akhir pengecatan menggunakan Hi-Paint adalah barang Anda akan tampil seperti baru lagi dengan kualitas warna dan kekuatan cat hampir 100% seperti ketika masih baru. baca selengkapnya...


Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book
0 comments